Senin, 01 Mei 2017

Karakter, Etika Profesi, dan Organisasi dalam Teknik Industri

      Terdapat beberapa contoh kecil yang sering dilakukan Mahasiswa Teknik Industri yang menunjukan karakter yang kurang baik, diantaranya:
Makan dengan tangan kiri
      Makan dengan tanagan kiri terlihat sangat tidak sopan karena dalam adat istiadat dan buadaya indonesia bahwa diajarkan untuk makan dengan menggunakan tangan kanan. tangan kiri identik dengan buruk atau kotor dan tangan kanan identik dengan baik atau bersih
-Berbicara keras dengan orang tua
berbicara dengan orang tua hendaklah dilakukan dengan lemah lembut karena mereka adalah orang tua yang mendidik kita. jika berbicara dengan keras kepada orang tua kita berarti termasuk orang yang tidak beretika karena dapat melukai hati kedua orang tua.
-Membuang sampah sembarangan
Membuang sampah sembarangan adalah hal yang sangat tidak beretika karena dapat mencemari lingkungan dan dapat menyebabkan penyakit. hendaklah membuang sampah pada tempatnya agar ligkungan menjadi aman dan nyaman.
-Mengumpat atau berbicara kasar
Mengumpat atau berbicara kasar adalah hal yang sangat memalukan. bukan hanya dicap sebagai orang yang kasar bahkan prilaku ini dapat dicap sebagai orang yang tudak berpendidikan. berbicaralah dengan tenang dan santun.
-Menertawakan atau mencemooh sesuatu
Menertawakan kejadian atau mencemooh sesuatu adalah hal yang sangat tidak manusiawi sebab prilaku ini tidak menghargai orang yang kita tertawakan.

       2.      Aktivitas tidak beretika profesional dalam teknik industri
-Tidak bertanggung jawab
Tidak bertanggung jawab adalah hal yang sangat memalukan karena sikap tersebut akan menghambat laju perusahaan. dengan tidak bertanggung jawabnya seseorang terhadap apa yang dikerjakan mengakibatkan perusahaan juga mengalami kerugian.
-Tidak menghargai pendapat rekan kerja
Sikap seperti ini adalah sikap yang tidak menghargai orang lain, sebab hal ini dapat mengganggu kegiatan dan keberlangsungan kerja tim dalam perusahaan.
-Tidak jujur
Tidak jujur adalah sikap memalukan dari seorang sarjana teknik industri yang dapat merugikan perusahaan diri sendiri bahkan negara. karena jika seorang sarjana teknik industri tidak jujur dalam mengerjakan pekerjaan bisa terjadi kecurangan dan hal hal yang tidak baik sebgainya yang merugikan perusahaan.
-Tidak tepat waktu
Sikap seperti ini adalah hal yang tidak dapat ditoleransi dari seorang sarjana teknik industri, karena ini sama halnya dengan tidak menghargai pekerjaan.
-Tidak terbuka
sikap seperti ini akan menghambat diri seorang sarjana teknik industri untuk dapat meniti karir lebih tinggi.

      3.      Pentingnya memahami etika berprofesi bagi teknik industri
etika profesi sangat penting karena dapat menunjang seorang sarjana teknik industri untuk berkembang dalam lingkungan kerja dan bergaul, serta menyelesaikan pekerjaan dengan mudah.

Jelaskan organisasi teknik industri yang relevan untuk prodi Teknik Industri
- ISTMI adalah ikatan sarjana teknik dan manajemen industri yang ada dijakarta, berdiri pada 22 November 1986
- IIE adalah institut of industrial and system engineering yang semata-mata mendukung profesi industri dan individu dalam peningkatan kualitas dan produktifitas.



Sumber:
Etika Mahasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar